Kumpulan Kapal - Kapal Tangker LNG (Part 2)
Selamat datang kembali :)
Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari http://www.candraawiguna.id/2013/12/kumpulan-kapal-kapal-tangker-lng.html
3. Golar Maria
Kalau diperhatikan, bentuk vesselnya mirip - mirip Stena Bulk. Karena emang pabrikannya sama dengan Stena Bulk: Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Geoje, Korsel. Untuk managernya, namanya sudah "ditato" juga di badan kapal: Stena Bulk Gothenburg, Swedia.
Trinity Arrow secara bentuk menunjukkan kesan seperti namanya, tajam dan tegas. Dengan balutan warna hijau dan abu abu. Trinity mungkin ownernya penganut Trinitas yang taat. (persepsi pribadi sih :D)
Trinity Arrow ini pabrikan dari Koyo Dockyard, Mihara, Jepang. Sementara pengelolanya dari K Line shipping, Inggris. Itu sebabnya di cerobongnya tertulis huruf K.
5. Methane Spirit
Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari http://www.candraawiguna.id/2013/12/kumpulan-kapal-kapal-tangker-lng.html
Kembali saya ucapkan selamat datang bagi para pembaca yang baru pertama kali mengunjungi blog saya :).
Eka Putra |
Kali ini saya akan membahas tentang kapal - kapal tangker LNG. Khususnya yang pernah singgah di dermaga / dock Badak LNG.
1. Stena Crystal Sky
IMO: 9383900
MMSI: 235099946
Call Sign: 2GRR6
Flag: United Kingdom [GB]
AIS Vessel Type: Tanker - Hazard D (Recognizable)
Gross Tonnage: 109949
Deadweight: 96889 t
Length Overall x Breadth Extreme: 298m × 45.8m
Year Built: 2011
Status: Active
Stena Bulk "Dragon Tatoo" |
Stena Crystal Sky, kesan pertama pas ngeliat nih kapal.. Majestic abis.. Dimana lagi ada kapal tangker LNG punya "tato" kepala Naga gitu. Stena Crystal Sky ini emang paling nyentrik diantara LNG tanker lain. Mungkin satu - satunya LNG tanker "bertato" yang pernah masuk "kolam" Badak LNG.
Stena Bulk pabrikan topnya pabrik kapal, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Geoje, Korsel.
2. Clean Planet
Data Clean Planet:
IMO: 9637507
MMSI: 538005351
Call Sign: V7CY8
Flag: Marshall Is [MH]
AIS Vessel Type:Tanker - Hazard A (Major)
Gross Tonnage: 105943
Deadweight: 89848 t
Length Overall x Breadth Extreme:289m × 45.6m
Year Built: 2014
Status: Active
Clean Planet |
Clean Planet cukup sering mondar - mandir di perairan Bontang. Kapal LNG ini menggunakan tangki jenis membran. Teknologi baru di industri perkapalan LNG yang sebelumnya di dominasi oleh moss-type (bulat - bulat). Saya sendiri melihat teknologi ini kurang seksi secara visual hehehe.
Kapal Clean Planet pabrikan dari Hyundai Heavy Industries, Ulsan. Memang ga heran sih, kalau perkapalan memang Korsel jagonya. Dari segi nama, Clean Planet cocok dengan komoditas bawaannya, clean energy for clean planet, LNG :). Untuk kepemilikannya, berdasarkan info, Clean Planet LNG dikelola oleh Dynagas, dari Yunani.
3. Golar Maria
IMO: 9320374
MMSI: 538002609
Call Sign: V7KE3
Flag: Marshall Is [MH]
AIS Vessel Type: Tanker
Gross Tonnage: 97491
Deadweight: 84823 t
Length Overall x Breadth Extreme: 277m × 43.4m
Year Built: 2006
Status: Active
Golar Maria |
Golar Maria. Nama wanita untuk sesuatu yang besar memang sudah awam. Golar Maria sendiri adalah bagian dari Golar LNG series. Si eneng yang satu ini bersaudara dengan Golar Mazo (si pembawa kargo ke 8000 dari Badak LNG). Bedanya, Maria make tangker jenis membran, Mazo make moss-type. Kalau dari segi penampilan, saya prefer ke Goler Mazo dengan warna orange khasnya. Pemiliknya sudah pasti sama dengan si Mazo, Golar LNG Hamilton, Bermuda.
Kalau diperhatikan, bentuk vesselnya mirip - mirip Stena Bulk. Karena emang pabrikannya sama dengan Stena Bulk: Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Geoje, Korsel. Untuk managernya, namanya sudah "ditato" juga di badan kapal: Stena Bulk Gothenburg, Swedia.
4. Trinity Arrow
IMO: 9319404
MMSI: 353392000
Call Sign: 3EPD8
Flag: Panama [PA]
AIS Vessel Type: Tanker
Gross Tonnage: 101094
Deadweight: 79556 t
Length Overall x Breadth Extreme: 289.93m × 44.73m
Year Built: 2008
Status: Active
Trinity Arrow |
Trinity Arrow secara bentuk menunjukkan kesan seperti namanya, tajam dan tegas. Dengan balutan warna hijau dan abu abu. Trinity mungkin ownernya penganut Trinitas yang taat. (persepsi pribadi sih :D)
Trinity Arrow ini pabrikan dari Koyo Dockyard, Mihara, Jepang. Sementara pengelolanya dari K Line shipping, Inggris. Itu sebabnya di cerobongnya tertulis huruf K.
5. Methane Spirit
IMO: 9336737
MMSI: 311000135
Call Sign: C6AS3
Flag: Bahamas [BS]
AIS Vessel Type: Tanker - Hazard A (Major)
Gross Tonnage: 104169
Deadweight: 82115 t
Length Overall x Breadth Extreme: 285m × 43.4m
Year Built: 2008
Status: Active
Methane Spirit |
Sempet kaget pas nyari - nyari info pabrikan si Methane Spirit ini. Kenapa coba? Kapal ini pabrikan Samsung ternyata. Ga cuman terkenal bikin smartphone, ternyata Samsung juga punya industri kelas "gaban" yang bisa bikin kapal LNG.
Methane spirit sekilas mirip dengan Golar Maria dan Clean Planet. Yang menjadi ciri khas mungkin pada cerobongnya yang terdapat huruf "TK" yang merupakan inisial dari manager kapal ini: Teekay Shipping Glaslow, Inggris.
Methane spirit sekilas mirip dengan Golar Maria dan Clean Planet. Yang menjadi ciri khas mungkin pada cerobongnya yang terdapat huruf "TK" yang merupakan inisial dari manager kapal ini: Teekay Shipping Glaslow, Inggris.
6. Portovenere
Portovenere, namanya diambil dari sebuah daerah di Italia. Kapal ini asli Itali, berbendera Itali dan pabrikan Itali, Ficantieri Sestri. Di cerobongnya pun terpampang lambang ENI, perusahaan migas Itali. Menyebutnya wajib dengan logat Itali, Porrto-venerre..
7. Hanjin Pyeongtaek
Kalau di sini sering disingkat dengan nama H P Taek. Sekilas mirip orang misuh. Kapal H P Taek termasuk salah satu kapal tertua di generasi baru.
Kapal ini sudah jarang singgah di Badak LNG. Lebih sering singgah di Tangguh LNG.
8. Palu LNG
Namanya memang sama kayak nama salah satu kota di Sulawesi Tengah. Tapi kapal ini tidak ada unsur Indonesianya sama sekali. Berbendera Malta, Dikelola oleh Yunani, Pemiliknya Marshal Island, dan pabrikan Korea Selatan, tapi namanya Palu.
9. Lena River
Lena River diambil dari nama salah satu sungai di Rusia. Tapi menurut data ga ada unsur Rusianya sama sekali: Berbendera Kepulauan Marshall, pabrikan Korea, dimiliki dan dikelola oleh Yunani. Tapi secara penampakan, warna kapal memang seperti bendera Rusia: Putih - Biru - Merah.
10. BW Tulip
Hijau. Kesan pertama pas ngeliat BW Tulip. Kapal yang dimiliki oleh BW ini memang dicat dengan dominan Bright Green yang mencolok, btw rata rata kapal BW memang ijo - ijo gitu. Bukan.. ga ada hubungannya sama Bonek Suroboyo! Karena ni kapal punya Singapore.
Itulah 10 kapal LNG Tanker yang biasa lalu - lalang di Badak LNG Bontang. Kapal - kapal yang tergolong baru tersebut memang semuanya bertipe membran, kurang sexy (menurut ane) dibanding dengan senior - seniornya terdahulu yang berbentuk moss type.
Dari jenis pembeliannya pun sebagian besar tidak terikat kontrak jangka panjang. Beda dengan senior - seniornya dulu yang mungkin lebih rajin mondar mandir dengan tujuan dan asal pelabuhan LNG yang sama, sekarang banyak ditemukan kapal - kapal jenis baru yang bertujuan beda - beda pula.
Itu tadi Kumpulan Kapal - Kapal Tangker LNG (Part 2). Saya harap tulisan ini berguna dan menambah wawasan pembaca sekalian, khususnya tentang industri LNG :) Silahkan menuliskan masukan, pertanyaan, dan komentar pada kolom di bawah ya!
Referensi: marinetraffic & maritimeconnector
IMO: 9064073
MMSI: 247108000
Call Sign: IBPV
Flag: Italy [IT]
AIS Vessel Type: Tanker - Hazard B
Gross Tonnage: 46555
Deadweight: 35760 t
Length Overall x Breadth Extreme: 216.19m × 33.91m
Year Built: 1996
Status: Active
Portovenere |
Portovenere, namanya diambil dari sebuah daerah di Italia. Kapal ini asli Itali, berbendera Itali dan pabrikan Itali, Ficantieri Sestri. Di cerobongnya pun terpampang lambang ENI, perusahaan migas Itali. Menyebutnya wajib dengan logat Itali, Porrto-venerre..
7. Hanjin Pyeongtaek
IMO: 9061928
MMSI: 441563000
Izsaukuma signāls: DSQF9
Karogs: Korea [KR]
AIS Vessel Type: Tanker
Gross Tonnage: 90004
Dīdveits: 71041 t
Length Overall x Breadth Extreme: 264.31m × 43m
Būves gads: 1995
Statuss: Active
Hanjin Pyeongtaek |
Kalau di sini sering disingkat dengan nama H P Taek. Sekilas mirip orang misuh. Kapal H P Taek termasuk salah satu kapal tertua di generasi baru.
Kapal ini sudah jarang singgah di Badak LNG. Lebih sering singgah di Tangguh LNG.
8. Palu LNG
IMO: 9636735
MMSI: 229582000
Call Sign: 9HA3423
Flag: Malta [MT]
AIS Vessel Type: Tanker - Hazard A (Major)
Gross Tonnage: 103885
Deadweight: 89874 t
Length Overall x Breadth Extreme: 294.2m × 44m
Year Built: 2014
Status: Active
Palu LNG |
Namanya memang sama kayak nama salah satu kota di Sulawesi Tengah. Tapi kapal ini tidak ada unsur Indonesianya sama sekali. Berbendera Malta, Dikelola oleh Yunani, Pemiliknya Marshal Island, dan pabrikan Korea Selatan, tapi namanya Palu.
9. Lena River
IMO: 9629598
MMSI: 538005073
Call Sign: V7AU9
Flag: Marshall Is [MH]
AIS Vessel Type: Tanker
Gross Tonnage: 100236
Deadweight: 84585 t
Length Overall x Breadth Extreme: 288m × 44.2m
Year Built: 2013
Status: Active
Lena River "Russian Flag" |
10. BW Tulip
IMO: 9758064
MMSI: 563041600
Call Sign: 9V5406
Flag: Singapore [SG]
AIS Vessel Type: Tanker
Gross Tonnage: 114364
Deadweight: 95785 t
Length Overall x Breadth Extreme: 295m × 46m
Year Built: 2018
Status: Active
Hijau. Kesan pertama pas ngeliat BW Tulip. Kapal yang dimiliki oleh BW ini memang dicat dengan dominan Bright Green yang mencolok, btw rata rata kapal BW memang ijo - ijo gitu. Bukan.. ga ada hubungannya sama Bonek Suroboyo! Karena ni kapal punya Singapore.
Itulah 10 kapal LNG Tanker yang biasa lalu - lalang di Badak LNG Bontang. Kapal - kapal yang tergolong baru tersebut memang semuanya bertipe membran, kurang sexy (menurut ane) dibanding dengan senior - seniornya terdahulu yang berbentuk moss type.
Dari jenis pembeliannya pun sebagian besar tidak terikat kontrak jangka panjang. Beda dengan senior - seniornya dulu yang mungkin lebih rajin mondar mandir dengan tujuan dan asal pelabuhan LNG yang sama, sekarang banyak ditemukan kapal - kapal jenis baru yang bertujuan beda - beda pula.
Itu tadi Kumpulan Kapal - Kapal Tangker LNG (Part 2). Saya harap tulisan ini berguna dan menambah wawasan pembaca sekalian, khususnya tentang industri LNG :) Silahkan menuliskan masukan, pertanyaan, dan komentar pada kolom di bawah ya!
Referensi: marinetraffic & maritimeconnector
0 Response to "Kumpulan Kapal - Kapal Tangker LNG (Part 2)"
Post a Comment