Kumpulan Kapal - Kapal Tangker LNG
Selamat pagi kawan kawan semua, saya ucapkan selamat datang bagi yang baru pertama kali mengunjungi blog saya.
Pagi ini saya akan membahas tentang kapal - kapal pengangkut LNG atau yang biasa disebut dengan LNG tangker.
LNG Tanker adalah transportasi utama pengangkut LNG dari negara penghasil gas alam menuju negara tujuan. Seperti yang kita tau kan, LNG itu merupakan gas alam yang dicairkan dengan tujuan untuk memampatkan volumenya sampai 600 kali lebih kecil, jadi bayagkan jika gas alam tidak dicairkan, kita akan butuh sampai 600 kapal sekali pengiriman ke negara tujuan, dan jika dicairkan kita hanya butuh 1 kapal.
Di dunia LNG terdapat beberapa perusahaan yang mempunyai kapal tangker LNG, sebagian hanya mempunyai core bisnis hanya dalam jasa transportasi, sebagian lagi milik perusahaan migas dunia. Dan dari beberapa kapal tangker LNG tersebut, ada yang rajin singgah di dock PT Badak NGL
Berikut adalah kapal tangker LNG yang pernah singgah di PT Badak NGL
1. LNG Aquarius
2. LNG Senshu Maru
Data LNG Senshu Maru
LNG Senshu Maru mungkin adalah kapal tangker yang paling sering mondar mandir di PT Badak NGL, kapal dengan kapasitas 125000 m3 merupakan kapal tangker LNG pertama dengan teknologi MITSUI-Moss type dan sampai sekarang masih aktif mondar mandir. Tepat pada tahun 2014 mendatang LNG Senshu Maru mencapai masa kerja 30 tahun.
3. LNG Wilenergy
Data LNG Wilenergy
LNG Wilenergy merupakan kapal sepuh yang sudah lama beroprasi, tepat tahun ini kapal ini telah beroprasi selama 30 tahun. Wilenergy berkapasitas 125.500 m3
4. LNG Eka Putra
Data LNG Eka Putra:
Dari namanya terlihat kalau kapal Tangker ini adalah kapal Indonesia, memang kapal tangker ini sempat dihubung hubungkan ke keluarga mantan presiden (Alm.) Soeharto, kabarnya kapal ini adalah milik anaknya, Tommy Soeharto.
Eka putra sampai sekarang masih aktif mondar mandir di pelabuhan PT Badak NGL. Kapal tangker LNG berkapasitas 136400 m3
5. LNG Dwi Putra
Data LNG Dwi Putra
LNG Dwi Putra merupakan adik dari LNG Eka Putra. Dwi Putra lahir empat tahun setelah Eka Putra.
sama dengan kakaknya Dwi Putra disebut - sebut sebagai kepunyaan dari Tommy Soeharto melalui salah satu perusahaannya yang bergerak di bisnis transportasi laut PT Humpuss Intermoda Transportasi tbk.
6. LNG Flora
Data dari LNG Flora
LNG Flora merupakan LNG Tangker yang mempunyai cat hijau-biru pada cat tangkinya, membuat kapal tangker ini mudah dikenali dari kejauhan mungkin karena namanya "Flora" maka kapal ini dicat dengan warna yang menyerupai tumbuhan (Flora juga nama asteroid) Kapal ini berkapasitas 127.000 m3 dan sampai sekarang masih sering pulang pergi dari PT Badak NGL.
7. LNG Vesta
Data LNG Vesta
LNG Vesta lahir setahun setelah LNG Flora lahir, warna catnya pun hampir sama, Flora dan Vesta sama sama kapal Jepang (nama keduanya diambil dari nama asteroid). Kedua kapal ini sulit dibedakan sehingga Vesta disebut kembaran dari Flora, yang berbeda hanya kapasitasnya yaitu 127.547 m3 dan kampung halamannya, Flora mempunyai kampung halaman di Osaka, sementara Vesta di Tokyo.
8. LNG Hyundai Utopia
Data LNG Hyundai Utopia
LNG Hyundai Utopia merupakan kapal tangker LNG yang satu satunya memakai nama brand yaitu "Hyundai" kapal pabrikan Korea Selatan ini masih aktif wara wiri di pelabuhan PT Badak NGL untuk melakukan pengisian. Hyundai Utopia memiliki kapasitas sekitar 125.182 m3.
9. LNG Golar Mazo
Data LNG Golar Mazo
LNG Golar merupakan kapal tangker LNG yang paling gampang dikenali, Golar Mazo memang sedikit nyentrik dibanding kapal tangker LNG lain, karena warna catnya yang sangat mencolok sehingga dapat dilihat dari kejauhan dan hal itu menjadi ciri khas dari golar mazo
Meskipun tergolong masih muda, tetapi kapal yang berkapasitas 135.000 m3 ini sudah mencetak prestasi, pada tahun 2011 lalu saat perayaan 8000 kali pengapalan LNG dari PT Badak NGL, LNG Golar Mazo-lah yang melakukan pengapalan ke 8000 tersebut.
10. LNG Abdelkader
Data LNG Abdelkader
LNG Abdelkader merupakan kapal tangker LNG yang terbesar yang pernah dibangun, dengan kapasitas 177.000 m3. Kapal tangker LNG ini juga tidak seperti sesepuh - sesepuhnya terdahulu yang memakai tangki yang berbentuk "bola", Abdelkader mempunyai tangki yang berbentuk "kotak" dengan teknologi membran
Pagi ini saya akan membahas tentang kapal - kapal pengangkut LNG atau yang biasa disebut dengan LNG tangker.
LNG Tanker adalah transportasi utama pengangkut LNG dari negara penghasil gas alam menuju negara tujuan. Seperti yang kita tau kan, LNG itu merupakan gas alam yang dicairkan dengan tujuan untuk memampatkan volumenya sampai 600 kali lebih kecil, jadi bayagkan jika gas alam tidak dicairkan, kita akan butuh sampai 600 kapal sekali pengiriman ke negara tujuan, dan jika dicairkan kita hanya butuh 1 kapal.
Di dunia LNG terdapat beberapa perusahaan yang mempunyai kapal tangker LNG, sebagian hanya mempunyai core bisnis hanya dalam jasa transportasi, sebagian lagi milik perusahaan migas dunia. Dan dari beberapa kapal tangker LNG tersebut, ada yang rajin singgah di dock PT Badak NGL
Berikut adalah kapal tangker LNG yang pernah singgah di PT Badak NGL
1. LNG Aquarius
Data LNG Aquarius:
IMO: 7390181
MMSI: 525001084
Call Sign: POJV
Flag: Indonesia (ID)
Type: Lng tanker
MMSI: 525001084
Call Sign: POJV
Flag: Indonesia (ID)
Type: Lng tanker
Gross Tonnage: 95084
DeadWeight: 72622
Length x Breadth: 285m x 44m
Year Built: 1977
Status: Active
DeadWeight: 72622
Length x Breadth: 285m x 44m
Year Built: 1977
Status: Active
LNG Aquarius merupakan kapal tangker LNG yang pertama singgah di dock PT Badak NGL, karena Aquarius merupakan pengapalan pertama yang dilakukan oleh Indonesia sebagai negara penjual menuju Jepang sebagai negara pembeli LNG. Kapal dengan kapasitas 126.000 m3 menjadi tonggak sejarah keberhasilan LNG Indonesia
LNG "the legend" Aquarius |
terakhir melakukan pengalan di PT Badak NGL sekitar tahun 2012 dan terjadi insiden pada waktu pengisian, Aquarius terlihat miring karena terjadi kesalahan pada balancing kapal. Aquarius telah bekerja selama lebih dari 30 tahun dan masih aktif sampai sekarang!
LNG Aquarius terlihat miring pada saat singgah di PT Badak NGL |
2. LNG Senshu Maru
Data LNG Senshu Maru
Flag: Japan
Type: Lng Tanker
IMO: 8014473
MMSI: 431023000
Call Sign: JCIR
Type: Lng Tanker
IMO: 8014473
MMSI: 431023000
Call Sign: JCIR
Gross Tonnage: 102330
DeadWeight: 69594
Length x Breadth: 283m x 44.8m
Year Built: 1984
Status: Active
DeadWeight: 69594
Length x Breadth: 283m x 44.8m
Year Built: 1984
Status: Active
LNG Senshu Maru mungkin adalah kapal tangker yang paling sering mondar mandir di PT Badak NGL, kapal dengan kapasitas 125000 m3 merupakan kapal tangker LNG pertama dengan teknologi MITSUI-Moss type dan sampai sekarang masih aktif mondar mandir. Tepat pada tahun 2014 mendatang LNG Senshu Maru mencapai masa kerja 30 tahun.
LNG Senshu Maru ditemani oleh tugboat |
Data LNG Wilenergy
Flag: Marshall Is
Type: Lng Tanker
IMO: 8014409
MMSI: 538004395
Call Sign: V7WU7
Type: Lng Tanker
IMO: 8014409
MMSI: 538004395
Call Sign: V7WU7
Gross Tonnage: 102390
DeadWeight: 67055
Length x Breadth: 283m x 44.6m
Year Built: 1983
Status: Active
DeadWeight: 67055
Length x Breadth: 283m x 44.6m
Year Built: 1983
Status: Active
LNG Wilenergy merupakan kapal sepuh yang sudah lama beroprasi, tepat tahun ini kapal ini telah beroprasi selama 30 tahun. Wilenergy berkapasitas 125.500 m3
LNG Wilenergy |
4. LNG Eka Putra
Data LNG Eka Putra:
Flag: Liberia
Type: Lng Tanker
IMO: 8706155
MMSI: 636008560
Call Sign: ELJL9
Type: Lng Tanker
IMO: 8706155
MMSI: 636008560
Call Sign: ELJL9
Gross Tonnage: 109281
DeadWeight: 78988
Length x Breadth: 290m x 46.1m
Year Built: 1990
Status: Active
DeadWeight: 78988
Length x Breadth: 290m x 46.1m
Year Built: 1990
Status: Active
Dari namanya terlihat kalau kapal Tangker ini adalah kapal Indonesia, memang kapal tangker ini sempat dihubung hubungkan ke keluarga mantan presiden (Alm.) Soeharto, kabarnya kapal ini adalah milik anaknya, Tommy Soeharto.
LNG Eka Putra |
5. LNG Dwi Putra
Data LNG Dwi Putra
Flag: Bahamas
Type: Lng Tanker
IMO: 9043677
MMSI: 308883000
Call Sign: C6MJ6
Type: Lng Tanker
IMO: 9043677
MMSI: 308883000
Call Sign: C6MJ6
Gross Tonnage: 104968
DeadWeight: 70593
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1994
Status: Active
DeadWeight: 70593
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1994
Status: Active
LNG Dwi Putra merupakan adik dari LNG Eka Putra. Dwi Putra lahir empat tahun setelah Eka Putra.
LNG "the young brother" Dwi Putra |
6. LNG Flora
Data dari LNG Flora
Flag: Japan
Type: Lng Tanker
IMO: 9006681
MMSI: 431193000
Call Sign: JPBY
Type: Lng Tanker
IMO: 9006681
MMSI: 431193000
Call Sign: JPBY
Gross Tonnage: 106151
DeadWeight: 67554
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1993
Status: Active
DeadWeight: 67554
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1993
Status: Active
LNG Flora merupakan LNG Tangker yang mempunyai cat hijau-biru pada cat tangkinya, membuat kapal tangker ini mudah dikenali dari kejauhan mungkin karena namanya "Flora" maka kapal ini dicat dengan warna yang menyerupai tumbuhan (Flora juga nama asteroid) Kapal ini berkapasitas 127.000 m3 dan sampai sekarang masih sering pulang pergi dari PT Badak NGL.
LNG Flora dengan tangki hijaunya |
7. LNG Vesta
Data LNG Vesta
Flag: Japan
Type: Lng Tanker
IMO: 9020766
MMSI: 431642000
Call Sign: JGES
Type: Lng Tanker
IMO: 9020766
MMSI: 431642000
Call Sign: JGES
Gross Tonnage: 105708
DeadWeight: 68522
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1994
Status: Active
DeadWeight: 68522
Length x Breadth: 272m x 47.2m
Year Built: 1994
Status: Active
LNG Vesta lahir setahun setelah LNG Flora lahir, warna catnya pun hampir sama, Flora dan Vesta sama sama kapal Jepang (nama keduanya diambil dari nama asteroid). Kedua kapal ini sulit dibedakan sehingga Vesta disebut kembaran dari Flora, yang berbeda hanya kapasitasnya yaitu 127.547 m3 dan kampung halamannya, Flora mempunyai kampung halaman di Osaka, sementara Vesta di Tokyo.
LNG "The Twins" Vesta |
Data LNG Hyundai Utopia
Flag: Korea
Type: Lng Tanker
IMO: 9018555
MMSI: 441223000
Call Sign: DSPI4
Type: Lng Tanker
IMO: 9018555
MMSI: 441223000
Call Sign: DSPI4
Gross Tonnage: 103764
DeadWeight: 71909
Length x Breadth: 274m x 47.3m
Year Built: 1994
Status: Active
DeadWeight: 71909
Length x Breadth: 274m x 47.3m
Year Built: 1994
Status: Active
LNG Hyundai Utopia merupakan kapal tangker LNG yang satu satunya memakai nama brand yaitu "Hyundai" kapal pabrikan Korea Selatan ini masih aktif wara wiri di pelabuhan PT Badak NGL untuk melakukan pengisian. Hyundai Utopia memiliki kapasitas sekitar 125.182 m3.
LNG Hyundai Utopia |
9. LNG Golar Mazo
Data LNG Golar Mazo
Flag: Liberia
Type: Lng Tanker
IMO: 9165011
MMSI: 636011170
Call Sign: ELXI6
Type: Lng Tanker
IMO: 9165011
MMSI: 636011170
Call Sign: ELXI6
Gross Tonnage: 111835
DeadWeight: 76210
Length x Breadth: 290m x 46.9m
Year Built: 2000
DeadWeight: 76210
Length x Breadth: 290m x 46.9m
Year Built: 2000
LNG Golar merupakan kapal tangker LNG yang paling gampang dikenali, Golar Mazo memang sedikit nyentrik dibanding kapal tangker LNG lain, karena warna catnya yang sangat mencolok sehingga dapat dilihat dari kejauhan dan hal itu menjadi ciri khas dari golar mazo
LNG Golar Mazo |
10. LNG Abdelkader
Data LNG Abdelkader
Flag: Bahamas
Type: Lng Tanker
IMO: 9360922
MMSI: 309415000
Call Sign: C6XC7
Type: Lng Tanker
IMO: 9360922
MMSI: 309415000
Call Sign: C6XC7
Gross Tonnage: 114277
DeadWeight: 91305
Length x Breadth: N/A
Year Built: 2010
Status: Active
DeadWeight: 91305
Length x Breadth: N/A
Year Built: 2010
Status: Active
LNG Abdelkader merupakan kapal tangker LNG yang terbesar yang pernah dibangun, dengan kapasitas 177.000 m3. Kapal tangker LNG ini juga tidak seperti sesepuh - sesepuhnya terdahulu yang memakai tangki yang berbentuk "bola", Abdelkader mempunyai tangki yang berbentuk "kotak" dengan teknologi membran
LNG "The Gig One" Abdelkader |
wah, ada juga yang nulis soal beginian.. tulisan bagus pak..
ReplyDeletengomong2, flora & vesta itu nama asteroid pak.. :))
Terimakasih infonya pak, hehehe...
ReplyDeleteKK orang Bontang ya? sama nih wahaha....
ReplyDeletengomong-ngomong tulisannya bagusnih lanjutkan ya kk..
Terima kasih, salam abon! (anak bontang) :D
Deletenanya yo pak, yg buat kapal2 tersebut dr mn sj tahukah ? jepang, korea, italy, apa batam bisa ?
ReplyDeleteaku mau coba2 jd broker deh tp untuk kpl yg kecil2 sj 300-500, 550-750 m3 muatanya.
kalau bisa agak murah kan bs kredit x. mksh dan salam
Kalau mengenai konstruksi saya kurang tahu Pak, soalnya LNG ini by demand, ketika dibikin harus sudah ada pasar yang akan dikapalkan
Deletenanya yo pak, yg buat kapal2 tersebut dr mn sj tahukah ? jepang, korea, italy, apa batam bisa ?
ReplyDeleteaku mau coba2 jd broker deh tp untuk kpl yg kecil2 sj 300-500, 550-750 m3 muatanya.
kalau bisa agak murah kan bs kredit x. mksh dan salam
ha....
ReplyDeleteKapal nurbeti saat ini sedang dibontang g pak
ReplyDeleteWah saya kurang tau Pak
DeleteJadi ingat bontang Eeeee mathin karyawaan Ptb opr marine
ReplyDeleteApa tanker-tanker ini juga mondar-mandir ke BP Tangguh di Tl. Bintuni?
ReplyDeletealhamdulillah, pernah naik dan makan siang disemua kapal ini...walaupun tidak ikut berlayar...hehehe
ReplyDelete